Kamis, 26 April 2012

KERIS SETAN KOBER, SENJATA MEMATIKAN YANG MEMBUAT GENTAR MUSUH-MUSUH RATU SAHIBUL



  • Setiap tokoh pada masa lalu terutama pada masa-masa kerajaan dulu biasanya mempunyai senjata andalan. Senjata andalan itu sendiri fungsinya bervariasi, baik itu untuk kewibawaan, kesaktian atau tujuan-tujuan lain. Biasanya untuk mendapatkan senjata-senjata andalan tersebut, orang yang ingin memilikinya harus melakukan berbagai macam syarat atau ritual tertentu, baik itu berpuasa, bertapa, merendam diri, pati geni selama beberapa hari atau melakukan ritual-ritual yang kadang sering bertentangan dengan agama. Jenis dari senjata andalan yang dipegang masing-masing orang tentu tidak sama dengan yang lain. Bila di Madura mungkin senjata yang menjadi andalan adalah Clurit, bila di Papua biasanya panah, di Jawa ada keris, di Dayak ada Mandau, di Aceh ada Rencong, di Bogor ada Kujang. di Bugis ada Badik, di Banten ada Golok, Di Ambon ada Parang, di Palembang ada pisau/keris, dll. Senjata-senjata yang sering menjadi andalan biasanya untuk mendapatinya harus melewati proses yang sangat berat. Setelah proses itu terlewati dengan baik biasanya tubuh dan senjata andalan itu seolah-olah klop seperti menjadi sehati sejiwa. Entah apa yang membuat senjata itu dapat menjadi satu dengan pemakainya, apakah karena adanya faktor khadim dalam senjata itu, atau sugesti sendiri dari sang pemilik senjata tersebut. Namun berdasarkan beberapa cerita sejarah, kebanyakan memang mengatakan bawah senjata-senjata itu turut berperan dalam kesuksesan sang tokoh tersebut. Contoh kecil misalnya Ken Arok mempunyai keris andalan yang berasal dari empu Gandring berhasil mendirikan Kerajaan Singosari, Prabu Siliwangi dengan Kujangnya yang bernama Bayu Geni Ati dan Wira Geni berhasil mengharumkan kerajaan Pajajaran , Pangeran Diponegoro dengan Cundrik Saratama berhasil membuat kalang kabut Belanda, Kartosuwiryo dengan keris Ki Dongkol dan Pedang Si Rompang membuat Pemerintah Soekarno pusing, Sisingamangaraja dengan pedang kembarnya sering membuat jengkel fihak Belanda, Tombak Kyai Pleret yang menjadi senjata andalan raja-raja Jawa, Gajah Mada dengn ciri khas Gadanya ternyata mampu menyatukan Nusantara walaupun kadang dilakukan dengan cara kekerasan dan licik. Jaka Tingkir yang merupakan musuh besar dari Ratu Sahibul ternyata juga mempunyai senjata andalan yaitu Kepala ikat Pinggang yang bernama Bajul Giling

    Contoh-contoh senjata para tokoh itu, biasanya selalu dikaitkan dengan kesuksesan tokoh-tokoh tersebut. Soekarno saja walaupun tidak punya senjata andalan, namun tongkat komando yang sering dibawanya ternyata dinilai sebagai salah kunci kesuksesannya dalam memerintah, Soekarno tanpa tongkat komando rasanya sangat aneh dalam penampilannya. Bagaimana dengan Ratu Sahibul sendiri? Menurut cerita Babad Tanah Jawa, disamping sifatnya yang keras dan urakan, Ratu Sahibul ternyata mempunyai sebuah senjata yang ditakuti oleh para musuhnya. Biasanya bila ia sudah mengeluarkan senjata itu, pasti ada yang tewas. Senjata beliau yang paling ditakuti oleh para musuhnya adalah sebuah keris yang bentuknya agak besar dan dinamakan Keris Setan Kober (Setan kuburan). Konon bagi yang memiliki keris ini dia akan menjadi pemberani dan ditakuti oleh banyak. Sehebat atau sesakti apapun orang ketika ia berhadapan dengan orang yang memegang keris akan tunduk, sehingga tidak heran keberadaan keris ini selalu diburu oleh orang banyak terutama setelah Ratu Sahibul dinyatakan tewas dalam pertempuran dengan Jaka Tingkir ditepian sungai Bengawan Solo. Yang aneh berita kematian Ratu Sahibul justru dinyatakan karena kebodohannya menarik keris setan Kober ini dengan sentakan, sehingga dengan sentakan itu ususnya yang telah terburai terputus terkena keris Setan kobernya yang ternyata tidak memakai sarung (itu cerita dari babad Tanah Jawi). Dahulu pada saat berkuasanya Ratu Sahibul di Jipang Panolan keberadaan keris ini selalu menjadi teman setianya dalam memerintah. Keris ini benar-benar tidak lepas dari tubuhnya. Dalam tradisi lisan yang disampaikan Muyang Layo kepada ayah kami, salah satu senjata andalan Ratu Sahibul adalah keris yang banyak bekas lumuran darah diseluruh tubuh keris itu, dan itu adalah darah orang-orang yang pernah dia bunuh, entah sudah berapa banyak yang ia bunuh, yang jelas bila melihat bekas lumuran darahnya yang mengering ternyata telah mampu membuat bulu kuduk merinding. Pertanyaannya dimana keris itu? siapakan yang kini boleh memilikinya? apa resiko bagi orang yang coba mengambilnya padahal dia tidak mempunyai hubungan apapun dengan beliau. saya akan coba menjawab itu.

    Pertama : kemungkinan besar keris iini ada di Indra Laya yang sekarang dipegang oleh keluarga H.Toha sebagai juru kunci makam Ratu Sahibul, bentuk keris itu agak besar dan berwarna hitam pekat, diujung keris itu dapat dilihat bekas darah yang telah mengering yang merupakan korban pembunuhan dari keris Setan Kober ini.

    Kedua : Yang berhak memiliki keris itu adalah sebenarnya adalah anak tua cucu tua, yaitu kakak saya, dulu sempat keris itu akan diberikan kepadanya namun ditolak, ayah sayapun mengatakan bahwa keris itu memang harus berada disana, dan tidak boleh dibawa ke Jakarta atau Ke Gunung Batu karena menurut beliau takutnya nanti menyalahi dan terjadi sesuatu, dulu saja tahun 65 ada salah seorang famili kami yang mengambil pusaka-pusaka di Indra Laya ternyata mengalami kejadian aneh dan akhirnya meninggal dalam keadaan yang kurang elok. tidak hanya orang ini di Indra Laya sendiri sudah sering Keris ini dipinjam dengan macam-macam alasan oleh orang-orang yang tidak jelas, namun lagi-lagi keris ini kembali kerumah sang Juru Kunci, dan lagi-lagi keris ini menciptakan aura yang suram, karena orang-orang yang memegangnya banyak yang nasibnya kurang baik. Saya sendiri ketika mencoba mencabut keris ini dari sarungnya sempat berkeringat dan merinding bulu kuduk dan menurut Juru kunci itu menandakan bahwa saya adalah keturunan beliau, ayah sayapun pada tahun 1994 pernah mencabut keris ini dan mengalami kejadian persis dengan saya.

    Ketiga: saya berharap tidak ada yang mengambil keris ini, karena keris ini sepertinya mempunyai pengaruh yang kurang baik bagi pemakainya, karena boleh jadi dalam proses pembuatannya melibatkan mahluk gaib yang akhirnya bersanding dengan keberadaan keris itu. Ratu Sahibul sebagai orang yang mendalami ilmu kesaktian bukan tidak mungkin juga melibatkan mahluk-mahluk gaib ini (jin) sehingga ketika dia wafat keberadaan mahluk ini tidak memiliki tuan yang mampu mengatur mereka, sehingga boleh jadi peninggalan-peninggalan Ratu Sahibul dijadikan tempat mereka untuk membuat dan mengganggu manusia.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Nama aslinya mungkin bukan Kyai Brongot Setan Kober. Salah satu versi pembuat keris itu adalah Mpu Bayu Aji, dibuat sekitar th 1150. Urutan pemilik pertama hingga ke Sunan Kudus tidak diketahui. Sunan Kudus memberikan pusaka itu kepada Ratu Sahibul.

Setelah itu keberadaannya ada beberapa versi :
1. Ada di komplek makam Beliau (Indra Laya).
2. "Disimpan" Sunan Kudus didalam sungai Bengawan Sore.
3. Disimpan & dirawat dgn baik oleh salah satu keturunan Jaka Tingkir.

Informasi lain, pusaka itu pernah menjadi pegangan Pangeran Trunojoyo (paruh ke 2 abad 17).

Anonim mengatakan...

Numpang nanya,itu foto apa ?

dadung superman mengatakan...

Maaf numpang tanya, pusaka itu apa sudah diketemukan?
TKS

dadung superman mengatakan...

Maaf numpang tanya, pusaka itu apa sudah diketemukan?
TKS

Dani Sapto Nugroho mengatakan...

Ada versi lain yg mengatakan pusaka itu buatan Mpu Supa. Tangguh Tuban.
Mohon maaf bila ternyata salah.

Iwan mengatakan...

Keris Setan Kober memang salah satu 5 keris legendaris, keris ini memang sangat kontroversial,sampai saat ini memang keberadaan keris ini menjadi tanda tanya dimanakah adanya, namun mungkin bagi mereka yang merupakan empu atau ahli keris, saya fikir tidak ada salahnya untuk coba meneliti keberadaan keris ini, memang keris auranya sangat kuat, saya sendiri sempat merinding ketika memegang keris ini, apalagi ketika saya lihat, masih banyak bercak bercak darah yang menempel pada keris ini...semoga mereka yang ahli bisa meneliti ulang keberadan keris tersebut..>

Wallahu A'lam Bisshowab...........

Iwan mengatakan...

Keris Setan Kober memang salah satu 5 keris legendaris, keris ini memang sangat kontroversial,sampai saat ini memang keberadaan keris ini menjadi tanda tanya dimanakah adanya, namun mungkin bagi mereka yang merupakan empu atau ahli keris, saya fikir tidak ada salahnya untuk coba meneliti keberadaan keris ini, memang keris auranya sangat kuat, saya sendiri sempat merinding ketika memegang keris ini, apalagi ketika saya lihat, masih banyak bercak bercak darah yang menempel pada keris ini...semoga mereka yang ahli bisa meneliti ulang keberadan keris tersebut..>

Wallahu A'lam Bisshowab...........